Beranda | Artikel
Keutamaan Ilmu Syari / Ilmu Agama (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)
Rabu, 7 Januari 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Keutamaan Ilmu Syar’i / Ilmu Agama

Menuntut ilmu syar’i merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Dengan ilmu maka kita bisa mengenal Islam dengan baik. Dengan ilmu kita akan mengetahui hakikat Islam yang sebenarnya yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan dalam seluruh segi kehidupan, manusia sangat butuh terhadap ilmu melebihi kebutuhannya terhadap makan dan minum.

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah telah mengeluarkan sebuah perkataan emas yang patut dicatat dengan tinta emas. Beliau berkata:

الناس محتاجون إلى العلم أكثر من حاجتهم إلى الطعام والشراب، لأن الطعام والشراب يحتاج إليه في اليوم مرة أو مرتين، والعلم يحتاج إليه في عدد الأنفاس

“Manusia sangat butuh kepada ilmu melebihi kebutuhan mereka kepada makan dan minum. Karena kebutuhan manusia kepada makan dan minum dalam sehari hanya sekali atau dua kali. Sedangkan kebutuhan mereka terhadap ilmu sebanyak bilangan nafasnya.”

Islam merupakan agama yang mendasari segala sesuatu dengan ilmu. Allah mengangkat derajat seseorang dengan ilmu, Allah turunkan kitabNya dengan ilmu, para nabi dan rasul diperintahkan untuk mendakwahkan agamaNya dengan ilmu. Dan sebaliknya, Allah sangat mencela kebodohan yang merupakan lawan dari ilmu.

Allah Ta’ala berfirman:

شَهِدَ اللّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ وَالْمَلاَئِكَةُ وَأُوْلُواْ الْعِلْمِ قَآئِمَاً بِالْقِسْطِ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Ali Imran [3]: 18)

Bagaimana penjelasan selengkapnya tentang keutamaan ilmu agama atau ilmu syar’i ini? Silakan simak uraian dan penjelasannya oleh Ustadz Abdul Hakim Abdat di dalam rekaman ceramah agama ini, atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat – Keutamaan Ilmu Syar’i / Ilmu Agama

Mari bagikan link ceramah agama dan kajian ini, ke Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga bermanfaat bagi kita dan juga bagi orang lain. Jazakumullahu khairan.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/10792-keutamaan-ilmu-syari-ilmu-agama-ustadz-abdul-hakim-amir-abdat/